Hello...

Ada yang mau jadi Youtuber? Kalau ada, baguslah ya udah :D

Hehe, maaf.

 Biasanya, para youtuber menggunakan musik/soundtrack dalam videonya. Entah itu di intro, dalam videonya, maupun penutup. Nah, tidak sembarang lagu bisa dipakai oleh para youtuber. Karena apa? Karena dua hal ini :

1. Copyright / Hak Cipta
2. Lisence     / Lisensi

Sebelumnya, teman teman harus tahu apa perbedaan dua hal itu :

1. Copyright/Hak Cipta : hak sang pembuat lagu atau soundtrack itu. Pembuat lagu itu memiliki kendali penuh terhadap karyanya.

2. License/Lisensi : Pemberian izin terhadap karya/lagu sang pencipta, lazimnya disebut perjanjian.

Karena hal itulah, banyak para Youtuber yang membeli lisensi dari pencipta sebuah lagu. Kalau seorang memakai sebuah lagu tanpa adanya izin/lisensi dari sang pencipta, maka ia akan kena pelanggaran hak cipta, dan akan didenda.

Pasti teman teman yang baca pada bilang :

''Yaaaahhhh....ya udah deh, kukubur saja cita cita jadi youtuber.''

''Gak bisa jadi Youtuber dong.''

Tenang, kali ini saya akan mengshare salah satu situs dimana kalian bisa mendapat beragam jenis musik dengan gratis tanpa adanya hak cipta dan lisensi. Yaitu, Bensound



Nah, di sini, kamu bisa mendapat beragam lagu dari berbagai genre untuk musik atau bgm videomu. Kamu juga bisa mendownloadnya, gratis!

Nah, walaupun kamu bisa memakai gratis, Bensond memiliki beberapa persyaratan apabila kamu memakai musiknya dalam videomu. Syaratnya gampang, kamu hanya perlu melampirkan sumber dan judul dari lagu Bensound yang kamu pakai di deskripsi videomu. Untuk lebih jelasnya, perhatikan screenshot di bawah ya :



Gimana? Cukup mudah bukan? Contoh :

Saya akan menggunakan salah satu lagu Bensound yang berjudul Little Idea dalam video saya. Maka dalam deskripsi, saya akan mencantumkan :

Music : Little Idea - www.Bensound.com

atau

Music provided by www.Bensound.com

Begitulah cara menggunakan lagu di Bensound. Cukup mudah bukan?