Oke, hai para Youtuber.

Para youtuber biasanya membuat video video yang mengagumkan menggunakan software. Apa saja software itu? Ini dia 6 software edit video terbaik ala Guntur Blog.

6. Windows Movie Maker



















Pertama, ada software buatan Microsoft Windows, yaitu Movie Maker. Movie Maker ini memiliki
tampilan yang sederhana dan simple. Walaupun merupakan software bawaan, tapi Movie Maker menyediakan banyak fitur mengagumkan. Saran saya, apabila pembaca masih pemula dalam editing video, maka sebaiknya tak usah mendownload software lain, tapi berlatihlah menggunakan Movie Maker ini.

5. AVS Video Editor


Kedua, ada AVS Video Editor. Menurut saya, di antara semua software edit video yang pernah saya pakai, hanya AVS inilah yang mempunyai tampilan yang simple, nggak ribet, dan yang pasti mudah. Bahkan, saya yakin seorang pemula pun bisa menguasainya. Ukurannya pun tidak sampai 500 mb. Terakhir kali saya download, ukurannya sekitar 150 mb.

4. Wondershare Filmora


Selanjutnya ada software buatan Wondershare, yaitu Filmora. Sama seperti AVS, Filmora memiliki tampilan yang sederhana, tetapi sangat memukau bagi saya pribadi. Bahkan, menurut saya, fitur Filmora hampir mendekati Sony Vegas.

3. Final Cut Pro


Kalau Windows punya Movie Maker, maka Mac punya Final Cut Pro. Software ini sudah banyak dipakai oleh para Filmmaker dan film Hollywood lho. Software ini benar benar memiliki fitur yang segudang luasnya.

2. Sony Vegas Pro


Sony juga merilis software buatannya, yaitu Sony Vegas Pro. Sama seperti Final Cut, Vegas Pro ini juga dipakai di dalam banyak film Hollywood. Sony Vegas memiliki satu ciri khas  unik, yaitu tampilan softwarenya tak ada perubahan sama sekali. Bagi saya pribadi, walaupun tak ada perubahan, tapi tampilannya sangat klasik sekali seperti dunia perfilman.

1. Adobe Premier


Nah, inilah software edit video PALING TERKENAL DAN MEWAH!

Nggak perlu diragukan lagi, sudah banyak film yang menggunakan produk dari Adobe. Tampilannya modern banget, mewah dan berkelas. Dan pastinya, diantara semua produk software edit video di atas, mungkin cuma Adobe Premier yang memiliki fitur paling lengkap.

Pertama kali saya memakainya, saya sedikit agak bingung dengan tampilannya. Tapi setelah 1 jam belajar, saya bisa menguasainya. Saya punya sedikit saran :

Adobe Premier ini (bagi saya pribadi) adalah software untuk para editor video PROFESSIONAL, jadi kalau kamu masih pemula, ada baiknya untuk tidak mencoba memakai ini dulu.

 - - - - - - - -

BONUS 

-Adobe After Effect-

Bonus satu nih, After Effect, masih buatan Adobe. Adobe sepertinya nggak main main kalau masalah software edit video. AE ini udah banyak dipakai untuk membuat efek yang mengagumkan. Tapi menurut saya (sekali lagi, menurut saya), After Effect ini bukan software edit video, tetapi adalah software edit efek video dan percantik video. Walaupun begitu, After Effect tetaplah software edit video.

 - - - - - -  -

Oke, itu dia beberapa software edit video terbaik versi Guntur Blog. Bila ingin menambahkan, silahkan tulis di kolom komentar ya!